Visi dan Misi

Visi Keilmuan Program Studi PPG

“Menyelenggarakan Pendidikan Profesi Guru yang Unggul dalam Menghasilkan guru Profesional berlandaskan nilai-nilai Keislaman dan Keindonesiaan”.

Tujuan Keilmuan Program Studi

  1. menghasilkan guru professional yang memiliki kompetensi dan profesionalisme dalam menjalankan tugas sebagai pendidik,
  2. mengembangkan guru yang memilikipemahaman mendalam tentang nilai-nilai keagamaan dan mampu mengintegrasikan dalam proses pembelajaran,
  3. membentuk guru yang menjunjung tinggi etika profesi, termasuk integritas, kejujuran, dan keadilan
  4. membentuk guru yang memiliki jiwa moderat agar dapat mengakui keberagaman sehingga mampu berinteraksi dengan siswa dengan berbagai latar belakang budaya,
  5. meningkatkan kualitas pembelajaran dan ilmu pendidikan secara nasional maupun internasional..

Strategi Pencapaian Visi Program Studi PPG :

  1. memperkuat moderasi beragama dan karakter islami dalam kegiatan akademik dan non akademi; (a) Ujian Komprehensif yang point didalamnya praktik kemampuan Baca Tulis Alquran dan (b) Seminar moderasiberagama setiap Gelombang/Batch,
  2. Penyelenggaraan perkuliahan berbasis outcome (Outcome Based Education/OBE) sarana dan prasarana berbasis ICT,
  3. menyediakan mata kuliah sesuai dan selaras dengan profil lulusan (Guru Profesional yang memahami nilai-nilai keagamaan, etika, dan keberagaman),
  4. memaksimalkan peran Dosen dan Admin dalam memantau perkembangan studi mahasiswa melalui daring/online,
  5. memetakan dan membentuk kelompok rumpun keilmuan dosen sesuai kebutuhan pengembangan visi keilmuan prodi,
  6. menugaskan dosen dan mahasiswa dalam kegiatan kuliah tamu, workshop, dan pelatihan untuk peningkatan kompetensi
  7. menugaskan dosen dalam kegiatan benchmarking akreditasi internasional,
  8. melakukan peninjauan kurikulum setiap semester melalui rapat akhir semester,
  9. menerapkan siklus PPEPP (Perencanaan, Pelaksanaan, Evaluasi, Pengendalian, dan Peningkatan) dalam setiap kegiatan PS,
  10. melaksanakan kelompok penelitian/penelitian kolaboratif dosen yang melibatkan mahasiswa dalam kaitannya dengan pengerjaan Tugas Akhir Penelitian Tindakan Kelas (PTK) serta mengirimkan artikel hasil penelitiannya ke jurnal nasional terakreditasi, atau HKI
  11. penyelenggaraan Pendampingan penulisan artikel bagi dosen dan mahasiswa, dan
  12. menugaskan dosen dalam seminar internasional.